01 Oktober 2007

SUZUKI SATRIA F150














Suzuki sekali lagi mengembangkan sebuah sepeda motor bebek sport terbarunya, berkapasitas 150 cc, 4 langkah, 4 katup twin cam, dilengkapi karburator Constant Velocity, Mikuni BS 26 – 187. Desain sangat sporty dan memiliki cita rasa yang sangat tinggi. Ia adalah FU 150 SC. FU 150 SC merupakan sepeda motor bebek sport 4 langkah pertama yang mengusung mesin 150 cc dengan teknologi superbike / super sport bahkan sport production. Hal inilah yang membuat FU 150 SC terbaik di kelasnya.


Kehadiran FU 150 SC ini akan menjawab kerinduan pasar akan sepeda motor bebek sport 4 langkah yang luar biasa. Kepedulian Suzuki terhadap lingkungan juga tercermin pada teknologi Suzuki PAIR (Pulsed Secondary Air Injection) untuk mengurangi emisi NOX dan HC.

Kenyamanan dalam berkendara yang diperbaiki dengan penggunaan rangka yang kokoh tetapi ringan, Rim dengan telapak lebar berjari-jari 10. Desain khusu
s yang unik dilengkapi Double Disc Brake besar dan masih banyak fitur-fitur lain yang ditawarkan FU 150 SC.


Konsep Disain

Suzuki FU 150 SC telah dikembangkan untuk mewujudkan konsep produk sebagai berikut: sepeda motor yang memiliki performa mesin yang bertenaga dengan berat mesin yang ringan khususnya untuk kategori bebek sport underbone 4 langkah, serta gaya asli yang memiliki identitas Suzuki yang kuat. FU150 SC didukung oleh mesin ber
pendingin udara / SACS yang berkapasitas 150 CC (untuk kategori bebek sport 4 langkah terbesar) dengan performa yang tinggi. Tampilan silinder alumunium menggunakan Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM) untuk keefisienan dalam hal perpindahan panas, sesuai dengan pendingin oli yang berkapasitas besar yang dimiliki oleh model ini. Berat keringnya hanya 95 kg (teringan di antara bebek sport lain untuk kategori underbone 4 langkah sport). Hal ini dicapai berkat disain kombinasi terbaru dari roda alumunium yang ringan, instrument yang ramping, berat rangka dan mesin yang ringan. FU 150 SC juga menampilkan lampu depan ganda yang letaknya vertikal sehingga menimbulkan kesan sepeda motor Suzuki yang mewah, berperforma tinggi layaknya GSX R-1000 (supersport yang mendominasi garis finish pertama di setiap lintasan balap seluruh dunia), instrument panel yang sporty dengan speedometer digital dan tachometer analog serta body yang sporty.


Styling

1. Mesin 4 langkah DOHC, berpendingin udara dengan SACS
2. Oil Cooler
3. Dual Vertical Headlights
4. Donut-Shaped Brake Lamp
5. 10 Spoke Cast Alumunium Wheel
6. Sharp, Sporty Bodywork
7. Sporty, Compact Instruments
8. Canister-Type Silencer


Mesin

1. Mesin berkapasitas terbesar di kelasnya
2. Pendingin udara dengan disain SACS (Suzuki Advance Cooling System)
3. Mesin DOHC 4 katup

4. SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material)
5. Transmisi 6 kecepatan
6. Automatic Decompression
7. PAIR (Pulsed-Secondary Air Injection)
8. Automatic Cam Chain Tensioner Adjuster
9. Counter Balancer
10. Jalur pelumasan FU 150 SC
11. Konstruksi Karburator


Disain Terbaru 4 Langkah

Mesin FU 150 SC memfokuskan pada kenyamanan dalam berkendara juga mengoptimalkan keunggulan 4 langkah dibandingkan mesin 2 langkah khususnya pada efisiensi bahan bakar, polusi suara yang rendah untuk motor sport, kenyamanan berkendara dan emisi gas buang yang rendah yang tentunya ramah lingkungan.


Mesin FU 150 SC


Mesin FU 150 SC mempunyai keunggulan pada teknologi yang diterapkan pada mesin berkapasitas 150 CC 4 langkah, pendingin udara / SACS (Suzuki Advance Cooling System), DOHC, SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) masuk dalam kategori underbone sport dan merupakan kendaraan bergaya sport terbaru.


Mesin Berkapasitas Besar 150 CC

Mesin 150 cc yang berkelas unggul untuk performa yang sempurna. Mesin FU 150 SC yang bermesin 150 cc menawarkan standar baru pada performa sport underbone. Mesin 150 cc menghasilkan tenaga, akselerasi, dan kecepatan tertinggi.


Pendingin Udara dengan D
isain SACS

Disain SACS digunakan pada sepeda motor sport performa tinggi, merupakan sistem pendingin Suzuki yang kompak dengan efisiensi tinggi. Sistem ini menyalurkan oli mesin untuk mendinginkan kepala silinder (komponen paling panas dari suatu mesin) dan dilengkapi saluran oli untuk mendinginkan piston. Saluran ini akan mengurangi panas pada bagian bawah piston. SACS memperbaiki efisiensi pembakaran dan memperbaiki konsumsi bahan bakar. Hal inilah yang membuat mesin DOHC FU 150 SC berputar lebih tinggi dan menghasilkan tenaga serta ketahanan yang lebih baik. Kebutuhan oli dalam jumlah yang banyak khususnya untuk kebutuhan pendinginan dan pelumasan maka kapasitas pendingin oli menjadi lebih besar.


DOHC dan 4 Katup

Double Over Head Camshafts (DOHC) dan 4 katup persilinder merupakan salah satu tipe mekanisme katup (valve trai
n) yang terlihat hampir pada setiap mesin sepeda motor sport yang mempunyai performa tinggi. Sistem DOHC dengan mekanisme katup Direct Acting Valve Drive Mechanism, memungkinkan operasional katup yang ekstra halus pada rpm tinggi. Hal ini membuat mesin dapat berputar tinggi yang memberikan sensasi performa sporty dan efisiensi tinggi.


TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber)

Model FU 150 SC menggunakan desain mesin TSCC yang unik milik Suzuki. Dasar ruang bakar TSCC ini diakui secara internasional karena ketahanan sebagai jantungnya mesin, kemampuan seri mesin TSCC lebih baik daripada mesin konvensional baik 2 katup maupun 4 katup.


Posisi Top Kompresi

Posisi top kompresi pada sepeda motor sangat diperlukan terutama bila akan melakukan penyetelan atau ingin melakukan pembongkaran mesin. Pada FU 150 SC posisi Top Kompresi didapat dengan cara sebagai berikut :
Lepaskan cap bagian penutup cylinder head.
Lepaskan busi, cap lubang pemeriksa katup dan penutup lubang pemeriksaan timing.
Lepaskan cylinder head cover
Lepaskan cap magneto cpver dan putarlah rotor magneto untuk menyetel piston agar berada pada posisi TMA (Titik Mati Atas) pada langkah kompresi. (Putarlah rotornya sampai garis “I” berada di tengah lubang cover crankcase).

Jumlah gigi gear camshaft = 34 (in & ex)
Jumlah gigi gear crankshaft = 17


Tapped Clearance

Spesifikasi celah / kerenggangan yang diijinkan (saat mesin dingin)

Intake : 0,10 – 0,20
Exhaust : 0,26 – 0,30


SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material)

Suzuki Composite Electrochemical Material (SCEM) merupakan teknologi Suzuki yang telah terbukti. Dibandingkan metode konvensional yang menggunakan liner besi tuang untuk melindungi dari gesekan dan panas, pada silinder alumunium FU 150 SC menggunakan teknologi SCEM yang merupakan sebuah plat dengan ketebalan beberapa micron. Berkurangnya liner besi tuang membuat mesin menjadi lebih ringan dan ringkas dan alumunium mempunyai konduktivitas panas yang tinggi dibandingkan dengan besi. SCEM membuat mesin melepas panas secara efisien untuk membantu menjaga suhu kerja optimum.


Transmisi 6 Kecepatan

Mesin 150 cc memiliki tenaga dan torsi yang besar. Untuk mengefektifkan tenaga yang besar, FU 150 SC dilengkapi dengan transmisi 6 kecepatan dengan rasio gigi yang benar-benar dipilih untuk kendaraan sport dinamis dan memiliki gerakan yang halus pada berbagai kondisi jalan dan lintasan.


Automatic Decompression

Mekanisme kick starter pada FU 150 SC dilengkapi teknologi Automatic Decompression yang terdapat di salah satu ca
mshaft untuk menjaga salah satu dari dua katup exhaust pada posisi tetap. Tujuannya bertugas untuk mengurangi tekanan dari kompresi udara yang diakibatkan oleh piston yang bergerak naik. Berdasarkan prinsip kerja di atas maka tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan kick lebih kecil.


Suzuki PAIR (Pulsed-Secondary Air-Injection)

Mesin FU 150 SC versi Thailand menampilkan sistem Suzuki PAIR yang mempunyai misi ramah terhadap lingkungan. Sistem ini mentransfer udara segar dari kotak udara menuju lubang pembuangan untuk membakar gas pembuangan yang tidak terbakar di ruang bakar. Dengan demikian emisi gas beracun berupa Nitrogen Oksida (NOX) dan Hidrogen Karbon (HC) dapat dikurangi. Aliran udara yang mengalir pada sistem PAIR diatur oleh Vacuum Reed Valve yang terletak di atas kepala silinder.


Automatic Cam Chain Tensioner Adjuster

Cam chain tensioner adju
ster adalah berupa sekrup yang dapat mengatur ketegangan rantai cam secara otomatis dan mengurangi suara rantai.

Cara kerja Automatic Cam Chain Tensioner Adjuster
Sebuah pegas reaksi cepat terpasang pada as silinder yang akan memutar bagian bergigi pada batang penegang (tensioner rod). Sebuah pengarah menjaga agar batang penegang tidak berputar saat silinder bergerak maju sehingga batang penegang terdorong ke luar. Ketika rantai penggerak cam kendur, batang penegang akan menekan tensioner secara otomatis oleh pegas tadi. Dengan demikian tensioner menjaga rantai tidak terlepas dari sproket dan juga menghilangkan bunyi gemeretak pada rantai. Batang penegang dapat ditarik kembali dengan cara melepas penutup karet (cap) dan memutar ujungnya dengan obeng searah jarum jam.


Counter Balancer

Untuk memperhalus putaran mesin pada sepeda motor berkapasitas sepeda motor berkapasitas silinder besar dan tunggal dipasang counter balancer.


Kerja Diafragma dan Piston Karburator

Venturi pada daerah melintang pada karburator tipe BS membesar dan mengecil secara otomatis karena gerakan katup piston.
Katup piston bergerak menurut tekanan negatif di bawah aliran venturi. Tekanan negatif terjadi di dalam ruang diafragma melalui lubang kecil (orifice) yang berada di katup piston. Tekanan negatif lebih besar dari gaya pegas yang menyebabkan katup piston terangkat ke ruang diafragma dan mempertahankan aliran udara dalam venturi. Dengan demikian aliran udara pada saluran venturi dapat dipertahankan tetap konstan untuk memperbaiki pengabutan bahan bakar. Perbandingan bahan bakar dan udara tetap sesuai dengan putaran mesin.

Chassis
Serangkaian disain komponen chassis yang sangat dipertimbangkan dari sebuah kualitas yang tidak mengenal komporomi turut mendukung. Rangka lebih kokoh dan ringan dibandingkan dengan FU 125 S tanpa mengurangi kekakuannya. Chassis FU 150 SC dirancang untuk memenuhi karakter FU 150 SC yang menampilkan mesin berkapasitas besar.

Rangka Yang Kokoh Juga Ringan
Format backbone pada FU 150 SC merupakan rangka yang kokoh juga ringan. Dibanding rangka yang digunakan pada FU 125 S, rangka FU 150 SC melewati proses disain yang sempurna, menggunakan komponen lebih sedikit untuk mengefisienkan berat dan menambah kekuatannya.

Pengurangan Berat Mesin
Untuk menjaga berat keseluruhan tetap rendah antara liner besi tuang yang berat pada silinder diganti dengan material komposit elektrokimia (SCEM).

Panel Instrumen Yang Ringan Dan Ramping
Instrumen panel FU 150 SC menampilkan bentuk yang ramping dan ringan dengan menggunakan speedometer electric serta menerapkan LCD dan LED untuk display data.

Rem Cakram Depan Yang Lebar Namun Ringan
Ukuran diameter rem de
pan adalah 290 mm dan merupakan ukuran yang efisien untuk tenaga pengereman. Cakram tetap ringan, dengan diameter dalam yang lebar. Rem cakram depan juga memberikan kontribusi bagi tampilan FU 150 SC yang lebih sporty.

Roda Dengan 10 Jari-jari Alumunium Yang Sporty
Rim roda belakang dan depan yang terbuat dari alumunium memberikan tampilan yang berbeda dengan 10 jari-jari yang sporty dan khusus diciptakan untuk FU 150 SC. Hal ini membuat FU 150 SC menarik secara visual dan memberikan performa pengendalian yang baik serta kenyamanan berkendara yang sempurna.

Passenger Foot Pegs Alumunium Cor
Kepuasan memiliki FU 150 SC meliputi passenger foot pegs yang terbuat dari alumunium tuang yang tidak hanya ringan tetapi pemasangannya dengan cara dibaut (tidak di-las pada rangka) pada foot pegs menunt
ut perancangan yang cermat.

Garpu Depan Yang Sangat Kokoh
Untuk meningkatkan kekokohan clamp penyangga bracket paling bawah pada garpu depan dibuat ganda, dibandingkan dengan FU 125 S yang hanya satu clamp penyangga bracket. Kekuatannya juga menjadi tinggi dengan menggunakan poros roda berdiameter 12 mm (dibandingkan FU 125 S yang menggunakan diameter 10 mm).

Pelindung Garpu Depan
Tiap kaki outer tube garpu dilindungi oleh pelindung garpu yang terbuat dari plastik. Untuk membantu melindungi bagian bawah pada inner tube garpu depan dari goresan yang disebabkan oleh debu yang berasal dari jalan.

Tangki Bensin Yang Berkapasitas 4,9 Liter
Tenaga yang dihasilkan oleh FU 150 SC yang berkapasitas 150 cc disesuaikan oleh kapasitas tangki bensin yang besar pula agar pengendara dapat lama mengendarai FU 150 SC


Disarikan oleh PK/SSF
C-003 dari Buku FU 150 SC - Mechanic Training Handout








yosimura edition